--> Skip to main content

Sate Ambal Jadi Jawara Makanan Khas Jateng


Sate Ambal Jadi Jawara Makanan Khas Jateng  - Salah satu makanan khas Kabupaten Kebumen yakni sate ambal terpilih sebagai juara I untuk kategori makanan pokok, dalam lomba makanan khas kabupaten/kota se-Jawa Tengah yang digelar di Anjungan  Jawa Tengah TMII Jakarta. Sate Ambal dinilai unik dan berbeda termasuk dari bahan dasar bumbu sate yang berbeda dari sate kebanyakan yaitu dari tempe.
"Selain cita rasanya khas, sate ambal memang unik karena bumbunya menggunakan tempe kedelai dan gula jawa sebagai campuran. Ini tentu berbeda dari sambal sate pada umumnya yang memakai kecap atau bumbu kacang tanah," ujar Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kebumen  Ir Gunadi kepada Suara Merdeka, Senin (23/7).
Penyajiannya sate ambal biasanya dengan ketupat. Penyajian bumbu juga unik yakni tidak ditaburkan di atas sate, melainkan ditempatkan di mangkuk secara terpisah.

Silahkan Baca :  Ayam Es Bening, Oleh-oleh Khas Kebumen yang sangat Kental dengan Nilai Sejarah
Sementara terpilih sebagai juara II ialah megono dan daging capitan yang ditampilkan Kota Pekalongan. Disusul gulai kambing khas Melung dan buntil kutasari dari Kabupaten Purbalingga meraih peringkat III.
"Selain sebagai upaya mengangkat makanan khas daerah  agar lebih dikenal, lomba tersebut diharapkan akan menciptakan kreatifitas dalam memanfaatkan potensi pangan di daerah," imbuh Gunadi.
Dia melanjutkan, tujuannya lain lomba ialah mencari identitas  makanan unggulan dari kabupaten/kota dalam rangka  mendukung  makanan tersebut sebagai tujuan wisata kuliner, serta sebagai upaya peningkatan kualitas makanan  baik dari sisi  kemasan, penyajian serta pengolahan.

Silahkan Baca :  Nasi Penggel, Kuliner Khas Kebumen yang Hampir Punah
Sementara itu, juara harapan I dari Kabupaten Jepara yang menampilkan makanan horog-horog, pindang serani serta  tengiri daun sentolo. Kabupaten Wonogiri harus puas berada dengan Juara  harapan II dengan jenis makanan yang ditampilkan  nasi tiwul, botok ikan jambal, oblok puka, tempe mlanding serta sambal cabuk. Sedangkan juara harapan III diraih Kabupaten Pekalongan yang menampilkan megono komplit.
( Supriyanto / CN32 / JBSM )

Sumber: Suaramerdeka.com
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar